1957 Maserati 200SI oleh Fantuzzi

Dipersembahkan oleh RM Sotheby’s.


“200SI adalah salah satu mobil balap bermesin depan dengan pengereman drum terbaik dari periode itu. Sangat menyenangkan untuk bertahan dalam kurva dengannya, dan itu jelas mengikuti garis Anda. Itu menyenangkan untuk dikendarai.” – John Fitch

Meskipun kadang-kadang masih mencapai hasil yang terhormat dengan A6GCS mereka yang menua, pada tahun 1954 Maserati telah mengakui keusangannya yang merayap dan secara bersamaan mengembangkan model 150S dan 200S baru mereka sebagai pengganti yang sesuai. Agak tidak logis menunjuk Tipo 53 dan Tipo 52, masing-masing, keduanya berbagi sasis tubular konvensional yang serupa, serta versi 1,5 dan 2 liter dari mesin empat silinder twin-plug yang sama. Suspensi depan pada kedua model menggunakan double wishbones dan pegas koil konvensional, meskipun 150S menggunakan tabung De Dion dan pengaturan pegas daun melintang di bagian belakang sedangkan 200S—pada awalnya setidaknya—menggunakan as roda hidup. Namun, mengikuti keluhan dari pelanggan awal 200S, suspensi belakang pada semua kecuali beberapa mobil pertama kemudian dimodifikasi untuk mencerminkan saudaranya yang lebih kecil.

1957 Maserati 200SI oleh Fantuzzi1259522

Pengembangan 200S terbukti merepotkan, dengan masalah transmisi mengganggu mobil dalam jarak yang lebih jauh dan acara balap jalanan. Namun, kemenangan pada tahun 1956 untuk Jean Behra di Gran Premio di Bari dan Gran Premio di Roma menyelamatkan kebanggaan yang cukup besar, seperti halnya Stirling Moss dan Cesare Perdisa tempat ke-2 yang bagus untuk Mike Hawthorn dan Ferrari 500 Testa Rossa milik Peter Collins di Supercortemaggiore tahun itu di Monza . Perpindahan ke peraturan Appendix C untuk tahun 1957 mempercepat transformasi mobil menjadi kedok 200SI, atau Sport Internazionale—sebuah langkah yang melihat mobil tersebut dilengkapi dengan kaca depan lebar penuh, dua pintu yang berfungsi, ketentuan untuk roda cadangan, dan kain yang agak darurat. atas untuk memastikan kepatuhan.

BERJALAN DENGAN PERSAUDARAAN SCCA PANTAI TIMUR

Salah satu dari hanya 20 mobil berspesifikasi 200SI yang dibuat, sasis 2427 diselesaikan di karya Modena yang terkenal di Maserati pada 9 Agustus 1957. Seperti halnya semua kecuali lima sasis 200S/SI, sasis ini dibangun dengan yang lebih baru, dan lebih menarik, coachwork Fantuzzi; mobil itu lebih lanjut ditentukan dengan instrumen Jaeger, lampu depan Cibie, dan roda kawat Borrani-bersepatu Pirelli. Awalnya diimpor oleh pemegang konsesi Amerika Serikat Maserati Corporation of America atas nama pemilik pertamanya, filantropis yang berbasis di New York dan otoritas seni yang dihormati Vincent Dyckman Andrus. Mobil itu ditakdirkan untuk dikendarai oleh legenda balap jalanan John Fitch—saat ini pemenang Sebring 12 Hours dan RAC Tourist Trophy—terutama di acara East Coast SCCA.

Pertandingan kompetitif pertama Fitch pada tahun 2427 adalah di Piala Ratu Catherine di Watkins Glen pada tanggal 21 September 1957, di mana ia menyelesaikan posisi ke-4 dan ke-1 yang menjanjikan di kelasnya, dengan kemenangan Porsche 550RS milik Bob Holbert. Akhir pekan berikutnya, Fitch dan Maserati melakukan perjalanan ke Bridgehampton, di mana balapan fitur SCCA 25 putaran termasuk tidak kurang dari empat tipe Jaguar D yang dimasuki Briggs Cunningham, dan Phil Hill dengan Ferrari 857S. Melawan lawan yang tangguh, Fitch finis di urutan ke-5, dan sekali lagi meraih kemenangan kelas, dengan Walt Hansgen mengamankan penghargaan keseluruhan untuk Cunningham.

1957 Maserati 200SI oleh Fantuzzi1259525

Pada bulan Desember 1957, Fitch dan 2427 menuju ke selatan untuk mengikuti International Bahamas Speed ​​Week yang populer; mobil sekarang memakai skema warna putih-dengan-biru-bawah perut yang baru menggantikan warna merah sebelumnya. Panas lima putaran awal untuk balapan Governor’s Trophy menghasilkan posisi ke-2 yang sangat baik secara keseluruhan dan posisi pertama di kelas di belakang Porsche 550RS Ed Crawford—dan di depan mobil serupa yang dikendarai oleh Rodriguez bersaudara, dan Ferrari 500 TRC Olivier Gendebien—tetapi balapan fitur itu sendiri berakhir dalam masa pensiun. Namun, perlombaan Nassau Memorial Trophy pada hari berikutnya memberikan hasil yang paling signifikan dari karir mobil, dengan Fitch finis ketiga secara keseluruhan — dan 1 di kelas lagi — hanya dikalahkan oleh Scuderia Buell Ferrari 290MM dari Stirling Moss dan 5 liter 5 liter yang menakutkan dari Ritchie Ginther. Ferrari 410 Sport milik John Edgar.

Persaudaraan SCCA Pantai Timur berkumpul kembali pada tanggal 27 April 1958 di Lime Rock Park, Connecticut, meskipun dalam balapan 20 putaran di bawah 2 liter, Fitch hanya dapat menempati posisi ke-2 secara keseluruhan (dan ke-2 di kelas) dari Ferrari 500 TRC milik Gaston Andrey. Namun, layanan normal dilanjutkan ketika pasangan itu kembali pada bulan Juni, dengan Fitch finis di urutan ke-4 secara keseluruhan, dan posisi pertama di kelas sekali lagi, dalam fitur Sports Car Race 40 putaran, di belakang Lister-Jaguar baru Walt Hansgen, Aston Martin DBR2 milik Bob Oker, dan Porsche 550RS Holbert.

Pada pertengahan tahun 1958, Fitch jelas berada di persimpangan jalan dengan 2427. Dalam hal kecepatan, tidak mengherankan, dia agak jauh dari Cunningham Listers yang lebih baru dan lebih kuat, namun di kelasnya sendiri dia hampir tidak tertandingi. Pertanyaan dibuat mengenai biaya mesin 2.5 liter baru yang dibuat pabrik, meskipun keputusannya (dan Andrus) selanjutnya untuk menawarkan mobil untuk dijual menunjukkan bahwa mereka berpikir lebih baik tentang ide tersebut, atau bahwa biayanya mahal. . Either way, pertemuan SCCA Juli di Lime Rock menandai tamasya terakhir Fitch di dalam mobil; kemenangan kelas keseluruhan dan terakhirnya yang ke-3 di belakang dua Cunningham Listers dari Crawford dan Hansgen memastikan bahwa pasangan itu menandatangani kontrak dengan tinggi.

1957 Maserati 200SI oleh Fantuzzi1259524

2427 KEPALA SELATAN

Pada bulan September 1958, 2427 diiklankan untuk dijual oleh Carroll Shelby Sports Cars Inc.; mobil itu dibeli tak lama kemudian oleh Floridian John J. Packo, yang sebelumnya mengkampanyekan Lotus XI di acara SCCA lokal. Namun, meskipun mengembalikan cat merah asli, “JJ” tampaknya membalap mobil hanya sekali, di Boca Raton pada bulan Maret 1959, di mana ia finis ke-2 dalam balapan Preliminary dengan Ferrari 250 Testa Rossa milik Lucky Casner dan kemudian ke-3 dalam balapan fitur di belakang mobil serupa Jim Hunt dan ED Martin.

Sebagai pesaing di jalurnya, Packo dan Casner—pemilik tim Camoradi yang ambisius—telah menjalin persahabatan yang erat, dan ketika salah satu dari dua sangkar Burung Maserati Tipo 61 gagal terwujud untuk Grand Prix Kuba pada Februari 1960, Packo-lah yang dengan murah hati melangkah. dan meminjamkan tim mobilnya. Benar-benar dimasuki oleh Camoradi, dan dengan pengemudi yang tidak lebih rendah dari Dan Gurney di kemudi, sayangnya 2427 mengundurkan diri dalam perlombaan, meskipun tidak sebelum berbagi waktu lintasan di perusahaan pemenang (dan rekan setim Camoradi) Moss, Maurice Trintignant, Jack Brabham, Carroll Shelby, Masten Gregory, dan keduanya bersaudara Rodriguez.

KEBANGGAAN KOLEKTOR DI SELURUH DUNIA

Setelah diiklankan untuk dijual pada bulan Februari 1963, mobil ini telah dibeli oleh kolektor Ferrari dan Maserati, Carl Bross dari Bloomfield Hills, Michigan; itu adalah teman stabil untuk mantannya Moss, 250F pemenang Grand Prix Italia 1956. Namun, setelah kematian Bross pada tahun 1971, sebagian besar koleksinya, termasuk 2427, diteruskan ke Anthony Bamford dari Rocester, Inggris, sebelum bergabung dengan koleksi penggemar Maserati Skotlandia yang cerdas, Ray Fielding pada tahun 1978. Dipamerkan selama bertahun-tahun di Doune Motor Museum dekat Falkirk, Skotlandia, mobil itu tetap berada di keluarga Fielding selama hampir tiga dekade, dan muncul kembali dalam kondisi yang sangat asli sebelum dijual ke Anton Bilton, dari London, pada Juli 2007.

1957 Maserati 200SI oleh Fantuzzi1259523

Pada akhir 2007, 2427 dipercayakan kepada pemulih terkenal GPS Classic dari Soragna, Italia, yang memulai perombakan sasis, mesin pencocokan angka, dan gearbox dengan tujuan mempersiapkan mobil untuk balap vintage. Pemulihan bodi aslinya yang sangat berharga, sementara itu, dipercayakan kepada Quality Cars of Padova. Selesai dan berkilau sekali lagi dalam warna aslinya, itu membuat debut pasca-restorasi di Mille Miglia Storica 2008. Namun, Bilton hanya menyimpan mobil itu sebentar, menjualnya kepada Dr. Wolf Zweifler dari Munich, Jerman—yang telah memiliki serangkaian Maserati yang luar biasa dari era yang luar biasa ini—pada Juli 2008. Dr. Zweifler mengkampanyekan mobil tersebut secara ekstensif selama beberapa tahun ke depan. , termasuk beberapa partisipasi dalam Ferrari Maserati Challenge, Mille Miglia Storica 2009, dan Le Mans Classic 2010, sebelum menjual mobil tersebut.

Setelah diakuisisi oleh Oscar Davis pada tahun 2012, Leydon Restorations of Lahaska, Pennsylvania memulai tugas yang melelahkan untuk membawa 2427 kembali ke spesifikasi mekanik dan kosmetik yang dibangun. Struktur keselamatan yang sebelumnya ditambahkan telah dihapus, panel interior dikerjakan ulang ke tampilan aslinya, dan komponen asli dipasang kembali—semuanya untuk mengembalikan Maserati ini ke tampilan aslinya tahun 1957. Itu tetap berada di Koleksi Oscar Davis sejak saat itu.

Meskipun Maserati 200S/SI tidak banyak membedakan dirinya dalam acara jarak jauh Eropa kontemporer, itu terbukti sangat efektif dalam balapan format pendek di Amerika Utara—fakta yang digarisbawahi oleh pencapaian besar John Fitch dalam mengendarai mobil khusus ini. Namun, rekor kompetisi yang mengesankan dari 2427 hanyalah salah satu aspek dari kehidupannya yang luar biasa; kenikmatan, pelestarian, dokumentasi, dan restorasi selanjutnya oleh beberapa kolektor paling cerdas di dunia tidak kalah pentingnya. Asal-usulnya yang mengesankan dibuktikan dengan file sejarah yang menyertainya yang berisi salinan lembar pembuatan pabrik Maserati, penelitian dan korespondensi, dokumentasi foto pemugarannya, dan kartu identitas FIVA masa lalu tertanggal 2007 dan 2009.

1957 Maserati 200SI oleh Fantuzzi1259533

Dipertahankan dengan cermat dalam Koleksi Oscar Davis dan disajikan tanpa cela hari ini, ia menawarkan keserbagunaan luar biasa serta peluang yang tampaknya tak terbatas untuk memasuki acara tur dan balap vintage paling eksklusif di dunia, dan itu pasti akan membuktikan tambahan yang layak untuk setiap koleksi mobil yang signifikan.

Kendaraan ini akan ditawarkan sebagai bagian dari Koleksi Oscar Davis, untuk dijual selama penjualan tahunan kami di Monterey 18-20 Agustus. Lihat seluruh katalog online, dan daftar untuk menawar hari ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *