Ulasan Drive Pertama BMW M4 CSL 2023: Fokus, Mentah, dan Menyenangkan

BMW M4 standar sudah menjadi mobil yang sangat mumpuni.

Terlepas dari tapaknya yang cukup besar dan bobot trotoar yang besar dan kuat, ia memiliki tenaga, suspensi, dan rem yang cukup untuk memakan jalan ngarai. Namun, BMW merasa itu meninggalkan performa di atas meja dan memutuskan untuk terus maju. Hasilnya adalah BMW M4 CSL 2023, varian edisi khusus yang diperkeras, diringankan, berfokus pada trek yang membuang semua gagasan tentang kenyamanan berkendara sehari-hari demi kecepatan dan performa langsung.

Dengan harga mulai $140.895, CSL jauh lebih mahal $61.300 daripada Kompetisi M4. Oleh karena itu ia menawarkan pengalaman berkendara yang luar biasa untuk memenuhi label harga tersebut. Ini mungkin sudah memegang gelar untuk BMW produksi tercepat yang pernah melewati Nürburgring, tetapi yang penting di sini adalah seberapa banyak kecepatan mentah itu diterjemahkan menjadi kesenangan di tangan seseorang tanpa lisensi balap. Dan setelah bergegas melewati jalan ngarai, jelas bahwa CSL memiliki sandiwara yang lebih dari cukup untuk mendukung label harganya yang lumayan.

CSL, dalam namanya, dulunya adalah singkatan dari Coupe, Sport, dan Lightweight, sebuah moniker yang hanya digunakan dua kali sebelum berhasil masuk ke bagian belakang M4 ini. Ini pertama kali muncul di 3.0 CSL pada pertengahan 1970-an, kemudian pada e46 M3 CSL di awal 2000-an. Hari ini, bagaimanapun, pembuat mobil Jerman ingin mengganti arti dari huruf pertama dengan “Kompetisi,” terutama sebagai anggukan untuk pengejaran gencarnya mobil terbaru ini dalam hal bobot dan performa.

CSL dimulai dengan sepasang kursi bucket M Carbon yang dapat disesuaikan secara manual yang menghilangkan 53 lb sementara juga melepas kursi belakangnya dan perangkat keras yang menyertainya untuk menghemat 46 lb tambahan. Roda, pegas, struts, dan rem karbon-keramik khusus M4 ini menghemat yang lain 46 lb, sementara pengurangan yang signifikan dalam mematikan suara memotong lebih jauh 33 lb.

Ulasan Drive Pertama BMW i7 2023: Lebih Baik Dengan Baterai

Namun, diet M4 tidak berhenti di situ. Ini mungkin terlihat jauh lebih agresif daripada mobil yang menjadi basisnya, tetapi atap plastik, kap mesin, dan tutup bagasi yang diperkuat serat karbon terutama ada untuk menghilangkan bobot. Dengan spoiler bibir belakangnya yang dibentuk, bagasi menghemat 15 lb dengan sendirinya. Gabungkan upaya penghematan berat ini, dan bobot trotoar CSL menyusut menjadi 3.640 lb. Meskipun masih berat menurut standar mobil sport, bobotnya 240 lb lebih ringan daripada M4 Competition.

Sisi lain dari persamaan CSL adalah output yang ditingkatkan. Berkat revisi pada sistem manajemen mesinnya dan meningkatkan tekanan dari 24,7 psi di Kompetisi menjadi 30,5 di CSL, mesin enam silinder 3.0 liter twin-turbocharged sekarang menghasilkan tenaga 543 hp dan torsi 479 lb-ft. Angka-angka ini masing-masing masuk pada 6.250 rpm dan 2.750 rpm yang sama, seperti yang mereka lakukan di Kompetisi, tetapi berkat kalibrasi throttle yang diperbarui dari mobil ini, angka ini jauh lebih agresif.

2023 bmw m4 csl 18

Seperti e46 M3 CSL sebelumnya, interpretasi terbaru ini hanya tersedia dengan transmisi otomatis konverter torsi delapan kecepatan ZF. Tenaga juga hanya mengalir ke roda belakang, membuat CSL berlari hingga 60 mph 0,2 detik lebih lambat dari Kompetisi M4 yang dilengkapi xDrive, pada 3,6 detik. Karena bebas dari pembatas elektronik, coupe sporty ini mencapai 191 mph, sedangkan mobil standar berhenti pada 155 mph.

Dari saat Anda menekan tombol start merahnya dan start dingin lurus enam menderu-deru di kabin, CSL tidak membuat Anda lupa bahwa itu istimewa. Dengan sedikit peredaman suara untuk melindungi telinga Anda, nada knalpotnya yang serak selalu ada, tanpa perlu menyalurkannya secara digital. Mobil ini tidak mementingkan ketenangan atau kenyamanan, mobil ini dibuat untuk berkendara cepat, dan hanya itu yang diinginkannya.

Review Mercedes-Benz S580 4MATIC 2022: Jauh Di Atas Kelasnya

Berkat dudukan mesin dan transmisi yang kokoh, CSL bergetar jauh lebih banyak daripada M4 sebelumnya. Ini mempertahankan mode berkendara yang sama, mode Comfort, Sport, dan Sport +, seperti mobil standar, kecuali bahwa yang pertama hanya sedikit mengurangi suspensi CSL yang diperkuat. Keras di sekitar kota, tapi itulah yang kami harapkan dari mobil sport siap pakai.

Suspensi ketat CSL menghasilkan perjalanan yang tenang dan netral di jalan ngarai yang berkelok-kelok. Tidak ada body roll untuk dibicarakan, dan M4 yang ditingkatkan ini dengan percaya diri menurunkan semua tenaganya. Karena roda dan remnya yang ringan secara signifikan mengurangi bobot unsprung-nya, tidak mengherankan jika kakinya juga cepat berbelok ke tikungan. Plus, dengan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 R yang dibawa ke suhu operasi yang tepat, ini memberikan cengkeraman yang substansial, mendorong batasnya jauh melampaui apa yang dapat saya jelajahi di jalan umum.

Seperti di Kompetisi M4, kemudi CSL jauh dari banyak bicara tetapi sangat cepat. Bahkan gerakan roda yang halus pun menghasilkan perubahan arah yang substansial. Ini adalah jenis kemudi yang menghargai masukan yang bijaksana sambil menghukum manuver yang kaku. Mengendarai mobil ini dengan kecepatan tinggi membutuhkan konsentrasi total Anda. Ini mungkin sangat mumpuni, tetapi mengendarainya dengan agresif, dan dapat dengan mudah menggigit kembali.

Powertrain-nya sebagian harus disalahkan karena sifatnya yang on-edge. Ini mungkin memiliki angka tenaga dan torsi puncak sebagai Kompetisi M4, tetapi kalibrasi throttle lebih merupakan sakelar hidup / mati, yang bagus untuk putaran panas di trek, tetapi rumit untuk penggunaan di jalan raya. Hal ini juga terlihat di sekitar kota, di mana CSL dapat keluar dari mode otomatis penuh, meluncur ke depan seperti supercar awal tahun 2000-an. Gabungkan kemudi cepat dengan pengiriman tenaga yang hampir instan, dan Anda mendapatkan mobil sport yang mengasyikkan sekaligus sedikit menakutkan.

Untungnya, rem karbon-keramik M4 CSL menawarkan banyak daya henti dan sangat mudah untuk dimodulasi di sekitar kota. Mereka mungkin adalah bagian mobil yang paling jinak.

2023 bmw m4 csl 9

Peredam titanium baru menghemat 9 lb lebih lanjut dan menambahkan lebih banyak suara dan nada ke nada M4 yang sudah serak. Seperti bagian mobil lainnya, kedengarannya jauh lebih agresif daripada standarnya, karena sepenuhnya membuka sumbat CSL straight-six. Itu di atas dan sangat cocok dengan karakter mobil.

Meskipun cat abu-abu matte menyembunyikan sebagian besar bit karbon eksteriornya, interiornya membuatnya terbuka untuk Anda nikmati. Yang paling menonjol adalah konsol tengah karbon terbuka, yang memainkan sisipan karbon di setir, dayung, dan dasbor. Ada bahan ringan di mana pun Anda melihatnya.

Alih-alih duduk di CSL, Anda duduk di kursi M Carbon yang dapat disetel secara manual. Seperti di mobil trek yang tepat, tidak ada penyesuaian ketinggian yang cepat, dan bersama dengan sisipan karbon yang membelah kaki yang ditemukan di sebagian besar produk M, jok khusus ini menambah banyak penyangga dengan bantalan minimal. Meskipun hal ini membuat CSL sengsara untuk dikendarai keliling kota, hal ini menambah nuansa kesempatannya.

Interior M4 CSL lainnya sama seperti saudara kandung produksi standar lainnya. Layar, teknologi, dan sistem keamanan dan semuanya.

BMW berencana untuk membangun hanya 1.000 unit coupe edisi khusus terbarunya, masing-masing dengan harga mulai $139.900 ditambah $995 untuk tujuan. Proses produksi terencana ini menjadikannya CSL paling langka yang pernah ada, karena pembuat mobil Jerman tersebut memproduksi 1.383 M3 CSL dan 1.265 3.0 CLS.

Meskipun BMW M4 CSL 2023 mungkin lebih mahal $61.300 daripada model Kompetisi standar, ia juga menawarkan lebih banyak kepada pengemudinya. Rasanya mentah, menarik, dan mendebarkan hingga tingkat yang lebih tinggi. Sementara M4 standar adalah mobil yang sangat mumpuni, ia sering kali tidak terdengar dan sedikit terputus dari pengemudinya. Ini jauh dari taktil seperti model M yang lebih tua. CSL, bagaimanapun, adalah langkah ke arah yang benar, menyalurkan kebisingan, getaran, dan kinerja mengerikan yang nyata yang membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Jika ada, CSL menyoroti apa yang hilang dari M4 generasi saat ini. Itu terlalu pendiam, pendiam, dan patuh. CSL mendemonstrasikan apa yang dapat dicapai oleh divisi M BMW saat ditugaskan membuat mobil yang mengejar tujuan tertentu alih-alih serangkaian perilaku yang luas. CSL fokus, mentah, dan mengasyikkan, tetapi karena jarak tempuh yang terbatas, ini adalah salah satu mobil M terbaik yang hanya akan dialami sedikit orang.


2023 bmw m4 csl3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *