RM Sotheby’s Miami: Ferrari F50 1995

Dipersembahkan oleh RM Sotheby’s.

Mengingat keberhasilan dan pujian dari Ferrari F40, supercar ulang tahun ke-40 yang memulai debutnya pada tahun 1987, para insinyur Maranello menyadari bahwa model yang lebih superlatif akan diperlukan untuk memperingati ulang tahun ke-50 pembuat mobil yang akan segera menyusul. Empat tahun pengembangan diinvestasikan dalam sebuah mobil jalan raya khusus dengan ikatan kuat yang khas dengan teknologi balap Ferrari, dimulai dengan desain sasis, yang didirikan di atas bak serat karbon yang ringan.

Para desainer di Pininfarina mengungguli diri mereka sendiri dengan coachwork montok yang dibentuk dari serat karbon, Kevlar, dan sarang lebah Nomex, menghindari motif baji tahun 1980-an demi garis-garis yang mengalir bebas yang menggugah para pembalap olahraga paling legendaris Maranello di tahun 1950-an dan 1960-an. Untuk mem-boot, bodi menyertakan atasan targa padat yang dapat dilepas yang disimpan dalam kasing jalan yang menyertainya yang memungkinkan F50 melakukan pose barchetta atau berlinetta, merangkum yang terbaik dari kedua dunia.

V-12 4,7 liter aspirasi alami baru dimasukkan ke dalam perpaduan bodi dan sasis yang spektakuler ini dalam arsitektur tengah belakang yang memastikan distribusi dan penghematan bobot yang optimal. Mesin tipe F130B mulai hidup di mobil Formula 1 Ferrari 1992, dan mengalami pengembangan lebih lanjut di mobil sport 4 liter 333 SP, yang memenangkan banyak kejuaraan pengemudi dan konstruktor di balap mobil sport IMSA GT dan FIA antara tahun 1995 dan 2001. perpindahan 4,7 liter namun di-detuned untuk revving yang lebih masuk akal dan perilaku jalan yang mudah diatur, V-12 kompresi tinggi yang baru mengembangkan 513 tenaga kuda dan torsi 347 pound-feet. Pembangkit tenaga tersebut memberikan performa luar biasa, sebagaimana dibuktikan oleh pengujian mobil oleh majalah Road & Track, di mana para editor berakselerasi hingga 60 mph dari posisi diam hanya dalam waktu 3,6 detik sambil mencapai kecepatan tertinggi 202 mph, dengan tegas memantapkan keanggotaan model ini di kelas eksklusif 200 + klub mph.

Kembali ke kecepatan bumi disediakan oleh rem Brembo yang mengerikan dengan rotor besar (14 inci di depan dan 13,2 inci di belakang) yang ditambatkan oleh piston aluminium. Selain mesin dan teknologi pengereman, F50 memiliki banyak detail bergaya Formula 1, mulai dari kantung bahan bakar bergaya balap hingga instrumen dasbor LCD. Namun terlepas dari desain ini, modelnya tetap dilengkapi dengan kenyamanan seperti jok berlapis kulit, AC, dan ketinggian pengendaraan yang dapat disesuaikan.

Menanggapi kritik bahwa mereka telah membuat terlalu banyak contoh F40, Ferrari hanya memproduksi 349 contoh bernomor dari F50 yang menakjubkan hingga akhir produksi pada tahun 1998 — memastikan kelangkaan dan cap yang langsung menjadikan mobil tersebut sebagai barang koleksi yang bonafide. Model ini tetap menjadi favorit para kolektor yang berfokus pada marque, sering menjadi pusat koleksi Ferrari modern, dan komponen penting dari portofolio hypercar “Big Five” yang disukai oleh para penggemar Maranello yang paling berdedikasi.

Menawarkan jarak tempuh yang sangat rendah dan perawatan yang teliti dalam rantai kepemilikan pendek yang diyakini hanya terdiri dari dua pengasuh, F50 yang luar biasa ini adalah salah satu contoh yang paling diinginkan dari hypercar ulang tahun ke-50 Maranello yang pernah ada. Menurut penelitian ahli marque Marcel Massini, nomor sasis 103274 adalah yang kedelapan dari 349 contoh yang dibuat, dan mulai dirakit pada Juli 1995. Selesai pada bulan Oktober dengan finishing cat Rosso Corsa di atas interior Nero, F50 dikirim baru pada tahun November 1995 kepada pemilik pertama mobil tersebut, sebuah dealer marque di Singapura bernama Hong Seh Motors.

Setelah pengiriman ke Hong Seh, Ferrari disimpan sebagai mobil pribadi oleh prinsipal dealer, Alfred Tan, seorang penggemar seumur hidup yang mengambil kendali bisnis dari ayahnya dan sentrifugal dalam kenaikan dealer untuk menjadi distributor resmi Ferrari. Tuan Tan dilaporkan menyimpan F50 di rumahnya dalam keadaan murni selama bertahun-tahun, tidak pernah mengendarai mobil untuk memastikan odometer hanya mencerminkan jarak tempuh pengiriman.

Pada tahun 2013, setelah 18 tahun kepemilikan, Tuan Tan menjual Ferrari kepada penggemar yang berbasis di Texas, dan F50 diimpor ke Amerika Serikat untuk disimpan oleh pemilik keduanya. Sejak saat itu F50 telah diservis oleh para ahli marque yang sangat dihormati di Norwood Auto Italia dari Carrollton, Texas, sementara hanya dikendarai untuk jarak tempuh minimal dan kesenangan sesekali. Pada bulan Juni 2014, mobil tersebut disertifikasi dengan Buku Merah Ferrari Classiche yang membuktikan keberadaan berkelanjutan dari sasis, mesin, kotak persneling, dan coachwork dengan nomor yang cocok. Baru-baru ini, seperti yang dibuktikan oleh faktur Oktober 2022 dari Norwood Auto Italia, mobil tersebut mendapat manfaat dari inspeksi (termasuk kantung bahan bakar, selang bahan bakar, dan inspeksi kopling), penggantian sabuk aksesori, penggantian filter udara, bahan bakar, dan oli, rem dan flush kopling, dan penggantian oli.

Saat ini menampilkan penggunaan mengemudi yang sangat rendah sejauh 625 mil, F50 yang luar biasa ini disertai dengan satu set bagasi pas yang dikeluarkan pabrik, dan kotak penerbangan yang tepat untuk hardtop yang dapat dilepas; dan didokumentasikan dengan sertifikat asal tahun 1995, pesanan pembelian pabrik, bill of lading untuk ekspor ke Singapura, faktur servis dari Norwood Auto Italia, sejarah oleh Marcel Massini, dan Buku Merah Ferrari Classiche.

Untuk menemukan F50 dua pemilik yang rapi dengan jarak tempuh yang begitu rendah menghadirkan peluang yang sangat langka, memang; mobil ini mungkin adalah contoh kondisi terbaik dari model peringatan 50 tahun penting Maranello yang mungkin pernah ditemui. F50 produksi awal murni akan menjadi tambahan yang sangat bagus untuk koleksi olahraga apa pun, terutama cocok untuk penggemar marque yang mencari yang terbaik dari yang terbaik, atau para kolektor yang ingin mengisi celah dalam kumpulan hypercar modern Lima Besar Ferrari yang dipuji.

Kendaraan ini akan ditawarkan pada penjualan RM Sotheby’s Miami, berlangsung 10 Desember. Lihat selengkapnya dan daftar untuk menawar secara online di rmsothebys.com hari ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *