1966 Ferrari 500 Superfast Seri II oleh Pininfarina

MENDEFINISIKAN KEMBALI APA ARTINYA MENJADI “SUPER”

Awalnya dibuat untuk serangkaian mobil pameran dan konsep, nomenklatur “Superfast” Ferrari pertama kali diterapkan pada kendaraan produksi dengan diperkenalkannya 500 Superfast pada tahun 1964. Dirancang sejak awal untuk menjadi grand tourer eksklusif yang mewah yang akan lebih dari sekedar hidup. sesuai dengan namanya yang menggugah, model baru ini dalam banyak hal merupakan pengembangan terakhir dari model Superamerica andalan Ferrari, yang menggunakan evolusi dari coupe Aerodinamico ramping yang menghiasi 400 SA.

Sementara Superfast memberi penghormatan yang jelas kepada pendahulunya langsung di luar, perlengkapan larinya kurang jelas mengakar di Superamerica. Terutama, sasis Tipo 578/65 merupakan cerminan dari sasis 330 GT 2+2 bersamaan, berbagi dimensi jarak sumbu roda mobil yang panjang. Pendahulu dari “mobil mewah pribadi” yang kemudian menjadi mode, Superfast memanfaatkan jarak sumbu roda ini dengan menghindari kursi belakang, memberi pengemudi dan penumpang kabin lapang yang memancarkan keanggunan. Fasilitas mewah termasuk interior kulit mewah dan dasbor beraksen kayu jati.

Tipo 208 V-12 Superfast 4.963-kubik-sentimeter adalah mesin yang sangat unik untuk Ferrari, menggabungkan elemen mesin balap balok tinggi rancangan Lampredi dan balok pendek rancangan Kolombo yang sudah berjalan lama dan digunakan di sebagian besar balapan besar. model tur dan berlinettas. Mesin baru tersebut mengusung dimensi silinder dari mesin Superamerica berbasis Lampredi, namun arsitekturnya berasal dari motor Kolombo. Mampu mengembangkan 400 tenaga kuda, mesin ini digambarkan oleh sejarawan marque terkenal Hans Tanner sebagai “salah satu mesin Ferrari GT terkuat yang pernah dibuat.”

Diluncurkan di Geneva International Motor Show 1964 dengan nomor sasis 5951 SF, 500 Superfast dibuat dalam jumlah eksklusif 24 contoh seri pertama sebelum perubahan kosmetik dan mekanis dilakukan pada seri kedua dari 12 mobil, sehingga total produksi menjadi 36 contoh. hingga akhir 1966. Sebagai yang terbaru dalam jajaran grand tourer andalan eksklusif Ferrari yang terkenal, 500 Superfast menikmati kepemilikan yang disukai oleh tokoh-tokoh jet-set seperti Aga Khan, Barbara Hutton, Shah Iran, dan Peter Sellers.

Mengklaim kelangkaan, estetika yang memukau, dan performa mobil jalanan yang belum pernah terjadi sebelumnya berkat mesin 4.9 liter berkekuatan 400 tenaga kuda yang luar biasa, 500 Superfast adalah ekspresi tertinggi dari seri Superamerica andalan perusahaan. Mobil-mobil yang sangat dapat dikoleksi sekarang ditemukan di pusat beberapa koleksi paling eksklusif dan dihormati di dunia.

1966 Ferrari 500 Superfast Seri II oleh Pininfarina1324068

PERMATA BERPAKAIAN PININFARINA

Mengklaim asal kepemilikan yang signifikan dalam periode yang baru-baru ini memberi jalan pada rekor pameran concours yang luar biasa, 500 Superfast yang mencolok ini adalah contoh yang menggairahkan dari mesin touring andalan Ferrari pada pertengahan 1960-an. Menurut penelitian otoritas marque Marcel Massini, nomor sasis 8565 SF adalah yang ke-34 dari total 36 unit yang dibuat, meskipun secara numerik merupakan yang kesembilan dari 12 unit seri kedua, dan mobil keempat dari yang terakhir dibuat. Memasuki pabrik Pininfarina di Turin pada November 1965, mobil itu dilengkapi dengan AC, power window, dan power steering, dan diselesaikan dengan cat Bleu Sera di atas interior yang dilapisi kulit Grigio Vaumol dari Connolly.

Setelah menyelesaikan perakitan pada April 1966, Ferrari dijual baru kepada John Von Neumann, impresario dan importir balap legendaris, berperan dalam mempopulerkan mobil sport Eropa di Amerika Serikat bagian barat. Rekan dari importir berpengaruh kontemporer seperti Max Hoffman dan Luigi Chinetti, Von Neumann adalah anggota pendiri California Sports Car Club dan mungkin terkenal karena melambungkan 250 GT California Spider ke kesuksesan tersebut, selain mengkampanyekan Testa terkenal. Rossa (di antara banyak mobil terkenal lainnya).

Pada bulan April 1973, Superfast dibeli oleh “Chargin'” Charlie Hayes, seorang pembalap Amerika pemula yang bermain-main dengan kesuksesan selama tahun 1970-an, sering memperjuangkan tenaga kuda Amerika sebelum akhirnya bergabung dengan Scuderia Bear milik William McKelvy. Hayes segera mengiklankan 500 di majalah Road & Track, dan pada akhir dekade mobil tersebut dijual ke dealer yang berbasis di Hollywood, Sal di Natale. Selama dekade tersebut mesin diganti dengan motor Superfast lain yang benar, nomor 8083 (meskipun pabrik asli akan disatukan kembali dengan mobil tersebut dua dekade kemudian).

Pada tahun 1979, Ferrari diakuisisi oleh Charles Borin dari Calabasas, California, dan dia mengecat ulang mobil tersebut dengan warna merah dan melapisi kembali interiornya dengan kulit cokelat. Borin mempertahankan kepemilikannya selama 12 tahun sebelum mobil tersebut diserahkan ke dealer terhormat Ed Waterman dari Fort Lauderdale, Florida.

Pada tahun 1993, mesin asli Ferrari, nomor 8565 SF, dipasang kembali di Superfast ini, berkontribusi pada keaslian mobil yang optimal. Restorasi penuh dilakukan saat ini, termasuk pengecatan ulang coachwork dengan warna biru tua dan trim interior dengan kulit cognac.

1966 Ferrari 500 Superfast Seri II oleh Pininfarina1324067

Dijual pada tahun 2002 ke Charles Morse dari Seattle, Washington, Superfast ditampilkan di Amelia Island Concours d’Elegance 2003, memenangkan kelas Ferrari. Sepuluh bulan kemudian mobil itu terlihat hadir di Palm Beach Cavallino Classic. Pada Januari 2004, Morse menjual Ferrari tersebut kepada mendiang Dr. Ervin “Bud” Lyon dari Kensington, New Hampshire, yang telah lama dikenal sebagai salah satu kolektor terpenting di New England. Tuan Lyon mempresentasikan mobil tersebut di Pebble Beach Concours d’Elegance 2005, di mana ia mencetak 95 dari kemungkinan 100 poin selama penjurian, dan pada Januari 2006 mobil tersebut dipamerkan di Cavallino Classic.

Kemudian pada tahun 2006, nomor sasis 8565 SF diperlakukan untuk perbaikan menyeluruh oleh Paul Russell and Company yang sangat dihormati di Essex, Massachusetts dan, di belakang pekerjaan ini, Superfast dipresentasikan di Pulau Amelia pada Maret 2007, memenangkan Amelia yang bergengsi. Menghadiahkan. Pada bulan September 2008, Tuan Lyon menjual Ferrari kepada seorang kolektor yang berbasis di Oregon, yang memajang mobil tersebut di Rodeo Drive Concours d’Elegance 2009 di Beverly Hills sebelum melibatkan Francorchamps of America dan Ferrari of Beverly Hills untuk melakukan pekerjaan mekanis tambahan.

Saat ditawarkan di penjualan andalan RM Sotheby di Monterey pada Agustus 2010, Ferrari dilaporkan telah menempuh jarak tidak lebih dari 400 mil. Diakuisisi oleh pengirim akhir tahun itu, Superfast telah didorong sangat sedikit sejak itu, menghabiskan sebagian besar dari 12 tahun terakhir dalam penyimpanan yang dikontrol iklim. Sebagai persiapan untuk penawaran kali ini, mobil baru-baru ini mengalami penyegaran ringan untuk mengakomodasi kondisi operasional dasar. Perlu dicatat bahwa pengecatan telah cukup tua sejak restorasi tahun 2006 dan di beberapa area menampilkan pengangkatan dan penggilaan. Penting juga untuk dicatat bahwa mobil tetap mempertahankan stempel mekanis yang menunjukkan kehadiran berkelanjutan dari sasis nomor yang cocok dan mesin tipe 208 yang langka.

Masih mempesona dengan warna biru tua di atas interior cognac, 500 Superfast yang tampan ini terus menampilkan manfaat dari restorasi ahli oleh Paul Russell, menawarkan pameran lebih lanjut di bidang concours yang lebih halus. Terkenal karena kepemilikan awalnya oleh termasyhur John Von Neumann, dan menawarkan kelangkaan yang didefinisikan sebagai salah satu dari 36 contoh yang dibuat dan salah satu dari hanya 12 mobil seri kedua, grand tourer mewah ini akan menjadi tambahan yang sensasional untuk koleksi apa pun, terutama cocok untuk penggemar tradisi unggulan mewah Maranello yang tiada tara.

Kendaraan ini akan ditawarkan pada penjualan RM Sotheby’s Arizona, memulai kalender lelang mobil kolektor 2023 pada 26 Januari. Lihat selengkapnya dan daftar untuk menawar secara online di rmsothebys.com hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *